Tuesday, 18 November 2014

Tips Memasang Lantai dan Paving Block di Halaman Belakang

Halaman Belakang tak hanya dapat difungsikan sebagai elemen dekoratif taman atau tempat berteduh saja, tapi juga dapat digunakan sebagai area bersantai dan menikmati makan di luar ruangan.
Tatkala berada di tengah taman, dimanakah Anda biasanya duduk sambil menikmati keindahan taman? Di teraskah? Di bangku tamankah? Atau di bawah Halaman Belakang? Ya, Halaman Belakang adalah salah satu elemen yang fungsional. Halaman Belakang biasa ditempatkan di taman rumah sebagai sarana bersantai dan berteduh dari sinar matahari yang menyengat. Namun, Halaman Belakang tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk berteduh di kala siang hari.
Area di bawah Halaman Belakang juga dapat menjadi ruang makan outdoor sambil menikmati keindahan taman sekitar. Hanya saja.jarang yang dapat melihat potensi Halaman Belakang yang seperti ini. Kebanyakan, keberadaan Halaman Belakang di taman hanyalah sebagai bagian dari dekorasi taman itu sendiri, dan bukan menjadi sesuatu yang fungsional dan dapat dimanfaatkan. Untuk itu, Halaman Belakang perlu sebuah desain Halaman Belakang yang dapat memaksimalkan fungsinya.
Salah satu caranya adalah dengan teknik paving atau pemasangan ubin pada Halaman Belakang. Area bawah Halaman Belakang yang dipasangi ubin akan membuat orang-orang betah berlama-lama duduk disini. Ubin ini memungkinkan mereka tak akan langsung bersentuhan dengan tanah. Terlebih, di kala musim hujan kondisi tanah cenderung becek dan lembek. Dengan memasang ubin atau alas pada Halaman Belakang, maka orang yang tengah duduk di bawahnya akan merasa lebih nyaman.
Halaman Belakang Dengan Lantai Batu Kerikil dan Dilengkapi Meja Untuk Makan
Selain itu, kita dapat menempatkan beragam outdoor furnitur seperti meja, kursi, lampu taman, dan furnitur outdoor lain di bawah Halaman Belakang ini. Tertarik untuk menerapkan teknik paving ini? Berikut langkah-langkahnya:


1. Langkah awal, buatlah sketsa Halaman Belakang
Buatlah sketsa dari Halaman Belakang untuk memberi gambaran yang jelas tentang luas dan dimensi Halaman Belakang tersebut. Kemudian tentukan lokasi dimana akan dipasangi Halaman Belakang. Tancapkan batang kayu di tiap sudut Halaman Belakang serta beri jarak masing-masing sehingga membentuk segi lima. Hubungkan tiap-tiap batang kayu dengan benang agar bentuk segi limanya semakin terlihat. Bentuk ini adalah dasar sebelum memasang ubin pada Halaman Belakang, sehingga penataannya lebih presisi dan tak melenceng kemana-mana.

2. Pilih ubin sesuai ukuran
Pilihlah ubin dengan lebar yang sesuai. Misalnya, untuk area Halaman Belakang seluas 9 meter persegi, maka Anda bisa menggunakan ubin dengan luas ukuran 10 cm  x 10 cm sebanyak 9 buah. Namun, ketika membeli ada baiknya Anda tak membeli dengan jumlah yang pas. Hal ini untuk menghindari agar jika ada ubin yang rusak atau retak, Anda bisa menngantinya dengan yang lain. Untuk bahan ubin, pilihlah jenis ubin dari batuan alam agar lebih menyatu dengan Halaman Belakang dan juga taman secara keseluruhan.

3. Tahap penggalian
Galilah area yang telah ditentukan sebelum melakukan pemasangan ubin. Penggalian dilakukan sedalam 4 inci atau sesuaikan dengan ukuran ubin itu sendiri. Pastikan bahwa penggalian tak terlalu dalam atau terlalu dangkal.

4. Buat campuran antara pasir, semen, dan air secara proporsional
Gunakan campuran semen, pasir, dan air sebagai material untuk merekatkan ubin dengan tanah. Pastikan bahwa proporsi semen, pasir, dan air seimbang dan tak terlalu padat atau encer, sehingga dapat melekatkan ubin dengan baik.

5. Tahap pemasangan
Mulailah pemasangan. Pemasangan ubin pada Halaman Belakang dilakukan sama seperti pemasangan ubin pada umumnya. Mulailah pemasangan ubin pada satu sisi dan berakhir pada sisi yang lain. Pastikan Anda merekatkan jarak antar ubin sehingga sesuai dengan perhitungan awal.

6. Tahap pengeringan
Setelah ubin selesai dipasang secara keseluruhan, biarkan beberapa saat hingga campuran pasir dan semen kering, sehingga ubin dapat melekat dengan erat di tanah.
Desain Halaman Belakang Artistik yang Dilengkapi Dengan Outdoor Furniture

7.Menata dan menempatkan outdoor furnitur di bawah Halaman Belakang
Setelah mengering, maka Halaman Belakang ini telah siap Anda gunakan untuk meletakkan outdoor furniture seperti meja dan kursi. Tatalah sedemikian rupa sehingga outdoor furnitur dan Halaman Belakang dapat terlihat komplemen. Untuk meja, Anda bisa menggunakan meja bundar atau meja kotak yang dilubangi di bagian tengah sebagai tempat untuk memasang Halaman Belakang.

8. Lakukan pengecekan dan perawatan berkala
Cek secara periodik kondisi dari ubin atau paving ini. Karena berada di luar ruangan, maka paving ini tentu akan lebih rapuh dan lebih mudah mengalami kerusakan dibandingkan dengan pemasangan paving dalam ruangan. Bila terdapat keretakan di beberapa bagian, maka Anda bisa menambalnya dengan semen.


Ketika memutuskan untuk membeli ubin, pilihlah ubin berbahan batuan alam dengan ukuran lebih kecil. Semakin kecil ukuran ubin, maka akan semakin mempermudah pemasangan ubin itu sendiri. Namun konsekuensinya, semakin kecil luas ubin, semakin banyak jumlah ubin yang Anda butuhkan.
Gunakan perlengkapan seperti sarung tangan dalam melakukan pemasangan ubin. Sudut-sudut ubin yang kasar dapat melukai tangan Anda ketika Anda mengangkatnya.


1 comment: