Wednesday 19 November 2014

Tips membeli furniture taman (Outdoor Furniture)


Setelah melengkapi taman Anda dengan patio, kolam ikan, tanaman hias, air terjun buatan, dan elemen-elemen dekoratif lain, kini saatnya menentukan furniture halaman belakang / taman untuk ditempatkan di taman tersebut. Furniture halamanbelakang / taman seperti kursi, meja, lampu taman, dan furnitur lain sangat diperlukan seseorang terutama untuk menikmati keindahan taman itu sendiri.

Dengan menempatkan furniture di taman, maka kita bisa melakukan hal-hal yang semula dilakukan di dalam ruangan menjadi mungkin untuk kita lakukan di luar ruangan, seperti membaca buku, minum teh di sore hari, atau makan bersama keluarga. Dengan panorama taman yang cantik ditambah keberadaan bunga serta tanaman hias di sekeliling kita, tentu hal ini akan memberikan nuansa tersendiri.

Untuk itu, bila taman-taman di rumah Anda belum dilengkapi outdoor furnitur, ada baiknya Anda merencanakan membeli outdoor furnitur mulai dari sekarang. Dengan memiliki outdoor furnitur yang ditempatkan di taman, maka semua aktifitas menyenangkan seperti yang telah disebutkan di atas menjadi mungkin untuk diwujudkan. Namun, tatkala membeli furnitur, terutama outdoor furnitur, kita perlu cerdas dalam melakukannya. Kita perlu melakukan survey sebelum membeli karena bila tidak, maka kita akan mendapatkan 1 set outddor furnitur dengan harga yang mahal.
Berikut ini panduan dan tips dalam membeli outdoor furnitur yang akan Anda tempatkan di taman di rumah Anda:

1. Belilah outdoor furnitur saat garage sale
Tempat yang paling baik untuk mendapatkan harga yang miring untuk satu set outdoor furnitur adalah saat garage sale. Sekarang garage sale semakin gencar dilakukan terutama oleh mereka yang ingin pindah rumah atau ingin mengganti barang-barang di rumah mereka dengan yang lebih baru. Produk furnitur merupakan salah satu hal yang sering diperdagangkan ketika garage sale. Maka dari itu, sering-seringlah Anda mengupdate informasi garage sale di kota Anda.
Atau, bila ada salah satu rekan Anda menyelenggarakan garage sale dan berniat menjual outdoor furniturnya, maka jangan sungkan-sungkan untuk membeli. Barang-barang di garage sale ini bisa dijual mencapai kurang dari setengah harga aslinya. Namun, jangan lupa untuk mengecek apakah ada bagian yang kotor, lecet, atau catnya mengelupas. Dengan sedikit permak, maka bukan tidak mungkin barang dari garage sale ini akan tampak seperti baru.

2. Membeli outdoor furnitur lewat situs belanja online
Selain lewat garage sale, Anda bisa membeli outdoor furnitur melalui situs-situs jual beli online. Meskipun barang yang ditawarkan kebanyakan merupakan barang second, tetapi harga yang ditawarkan biasanya relatif lebih murah. Selain itu, melalui situs jual beli online, Anda bisa melakukan perbandingan harga yang ditawarkan satu penjual dengan penjual yang lain. Namun, perhatikan juga lokasi seller atau penjual, lokasi seller yang jauh biasanya akan membuat barang dikenai biaya pengiriman yang bisa sangat mahal, tergantung jumlah serta ukuran furnitur tersebut.
Untuk itu, pilihlah lokasi seller yang dekat dengan lokasi dimana Anda tinggal, sehingga pengiriman outdoor furnitur dapat dilakukan lebih mudah dan murah. Untuk situs-situs jual beli yang lokal, Anda bisa memilih berniaga.com,tokobagus.com, atau kaskus.co.id atau situs yang khusus menjual furniture secara online. Untuk situs jual beli internasional, maka ebay.com dan craigslist.org bisa Anda jadikan rujukan.


3. Beli di toko-toko furnitur bekas/antik
Outdoor furnitur dengan harga miring juga dapat Anda temui di pasar loak atau toko-toko barang bekas. Jangan sungkan apalagi gengsi untuk membeli di tempat ini karena terkadang barang-barang yang dijual merupakan barang yang berkualitas bagus. Hanya saja, ketika membeli di toko-toko barang bekas, Anda harus pintar dalam menawar. Selain itu, toko furnitur antik juga dapat Anda jadikan rujukan dalam membeli outdoor furnitur. Bahkan, terkadang furnitur yang dijual disini tergolong langka karena tidak dengan mudah dijumpai di pasaran biasa.

4. Tunggu sampai ada bazar dan momen diskon besar-besaran
Bila Anda ingin membeli outdoor furnitur baru dari brand-brand ternama, maka tunggu sampai ada momen bazar. Di bazar ini, biasanya brand-brand ternama itu akan menjual produknya dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan hari biasa. Mereka bahkan tak segan-segan memberikan potongan diskon besar-besaran, hal ini biasanya dilakukan saat cuci gudang. Namun, alangkah baiknya jika Anda tak lantas membeli outdoor furnitur hanya karena besarnya diskon yang ditawarkan. Anda perlu juga melihat kualitas, model, serta kondisi barang tersebut, apakah ada cacat atau tidak.



Selain itu, penting juga untuk mengetahui harga outdoor furnitur tersebut di pasaran untuk meyakinkan Anda bahwa diskon yang ditawarkan merupakan penawaran yang benar, bukan untuk strategi pemasaran biasa. Adapun untuk momen-momen bazar, biasanya diadakan 2 kali dalam setahun, yakni di pertengahan tahun dan di awal tahun. Sedangkan untuk cuci gudang, event ini bisanya dilakukan di akhir tahun.



No comments:

Post a Comment